-->
  • Jelajahi

    Copyright © PELAJAR NU KARANGKOBAR
    Best Viral Premium Blogger Templates

    NamaLabel

    Iklan

    IPNU IPPNU Karangkobar; Hari Santri di tengah Pandemi, Eksistensi dan Ghiroh Hari Santri Jangan Sampai Pudar

    Mas Zuuul
    Friday, October 9, 2020, 10:41 PM WIB Last Updated 2020-10-11T07:12:53Z
    Karangkobar, ipnuippnukarangkobar.com - Hari Santri Nasional adalah  pengakuan pemerintah terhadap peran besar santri dalam meraih kemerdekaan Indonesia secara resmi, begitu juga sebagai revisi beberapa sejarah nasional, terutama yang ditulis pada Orde Baru, yang mana dalam sejarahnya tidak pernah menyebutkan peran ulama dan santri dalam meraih kemerdekaan.

    Hari Santri Nasional ini ditetapkan oleh Joko Widodo, Presiden Indonesia pada tanggal 22 oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta. Adanya peringatan Hari Santri Nasional, juga bertujuan untuk menyemarakkan semangat para santri atas jihad para ulama’ saat merebut kemerdekaan, serta mengubur paradigma tentang anggapan bahwa santri hanya berkutik dengan dunia kitab kuning, tanpa bisa memperjuangkan negara, karena nyatanya santri sangat berperan di negara ini.
    Berbeda dengan peringatan Hari Santri Tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari santri nasional pada tahun-tahun sebelumnya, karena peringatan pada tahun ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid19.

    Sebagaimana dikutip ipnuippnukarangkobar.com dari laman www.nu.or.id Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020 ditengah pandemi ini mengambil tema "Santri Sehat, Indonesia Kuat" dengan logo "Ayo Mondok Pakai Masker".

    sebuah logo dan tema yang menggambarkan spirit serta keinginan kuat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keselamatan bersama.

    Sebagai Organisasi Badan Otonom yang berdiri di bawah naungan NU, IPNU IPPNU KARANGKOBAR juga ikut andil dalam merayakan peringatan Hari Santri Nasional. Tentu saja Pada peringatan Hari Santri Nasional tahun ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Baik secara Konsep maupun Teknis pelaksanaannya.

    Dalam keterangannya, Melalui Zoom meeting pada tanggal 5 Oktober lalu,  Rekanita Mesi Mengungkapkan bahwa meskipun sedang berada di tengah pandemi bukan berarti eksistensi dan ghiroh Hari Santri menjadi pudar.

    "harapannya kegiatan ini bisa sedikit memberi angin segar kepada semua pihak yang terlibat, intinya masa pandemi ini jangan menjadi penghalang untuk kita terus bergerak dan memberi sumbangsih yang baik pada organisasi kita ini" Jelasnya.

    Untuk memperingati Hari santri Nasional PAC IPNU IPPNU kecamatan karangkobar mengadakan lomba antar TPQ secara online. Biaya pendaftaran lomba tersebut adalah gratis.

     di buka untuk antar TPQ khususnya untuk Kecamatan Karangkobar Dengan ketentuan sebagai berikut;
     1.Terbuka untuk semua TPQ se kecamatan Karangkobar 
     2.Durasi video  maksimal 3 menit.  
    3. Tiap TPQ setidaknya mendelegasikan 1 peserta (putra/putri bebas) .
     4. ayat Al-Qur'an yang dilombakan adalah surah At-Taubah ayat 126-129 (4 ayat) 
      
    Unsur penilaian meliputi;
     -ketepatan tajwid.
     -kefasihan 
    -kelancaran. 
    -intonasi  

    Video dikirim ke WhatsApp Panitia  
    Batas pengiriman Video lomba tanggal 20 Oktober 2020, dan akan di umumkan kejuaraan pada puncak Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2020. (red/Zul)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Iklan

    Profile

    +